Minggu, 15 Oktober 2017

SAHABAT

Take a pic. ayumayuha at. Cameron Highland

Apa sih arti dari sahabat???
Apakah seperti lirik lagu "Persahabatan bagai kepompong, yang merubah ulat menjadi kupu-kupu"
Atau sahabat itu yang pergi kemana-mana sama orang yang sama gitu yaa??? 
Kalau menurut aku persahabatan itu bagaikan bunga dan lebah, tidak hanya saling membutuhkan satu sama lain saja yaa, atau hanya menginginkan dari orang tersebut aja, jadi sahabat itu sama-sama saling memberikan sesuatu yang indah. Ketika sahabat kita sedang jatuh, dekatkanlah dia dan bantulah dan berikan semangat agar kembali bangun kembali, bukan hanya menertawakan dari belakang maupun membicarakannya. 

Waktu itu saya merasakan berada dalam masalah dan menulisnya di status bbm ku, karena di bbm hanya teman tertentu yang berada di kontak, ya namanya juga manusia yah dipenuhi rasa keluh dan kesah, seperti yang dikatakan oleh guru mengajiku, tetapi jangan berlebihan dengan rasa mengeluhmu, belajar mensyukuri nikmat dari pada keluhmu. Dari beberapa teman di kontak bbm ku, hanya satu yang merespon status dan memberiku banyak nasehat, padahal sebelumnya lebih sering saya yang memberikan nasehat kepadanya.

Kami jarang bertukar kabar satu sama lain, kalau ada pun nggak sering, hanya pembahasan singkat yang menggantung karena aku tidak membalasnya kembali, yaps aku akui akhir-akhir ini lebih jarang online nggak seperti dulu yang senantiasa online setiap saat. Aku salut dengannya, orang jahat seperti aku yang jarang menghubunginya masih bisa memberikan nasehat yang tulus tanpa keniatan lain selain persahabatan. 

Kami adalah sahabat ketika duduk di bangku SMK, berasal dari kelas yang sama dengan jurusan yang berbeda, yang saat itu saya mengambil jurusan komputer dan dia akuntansi. Kami sekelas terdiri dari 13 perempuan walaupun berbeda jurusan tapi hanya pelajaran produktif saja beda kelas, kalau pelajaran yang lainnya kami berada dalam satu kelas. Sepuluh dari tiga belas kami mendaftarkan diri untuk bekerja di Malaysia, walaupun terbagi dari berbagai daerah di negri jiran tapi kami tidak pernah lupa satu sama lain, itulah yang membuat kami semakin dekat, dan mengetahui mana yang benar-benar sahabat dan teman biasa. Ternyata teman satu kelas saya tidak bertahan lama bertahan di negri jiran ini dan tinggal dua orang dari sepuluh, hanya dua atau tiga tahun, lalu meneruskan perjuangannya di negara tercinta. 

Walaupun kita jarang kontak satu sama lain, ternyata dia lah yang datang ketika aku jatuh, dan menasehatiku dengan penuh arti dan memberi kesan yang membuatku bangun kembali dan memiliki semangat baru, sahabat atau teman itu penting tapi carilah yang memiliki kualitas seorang sahabat, jangan hanya datang karena memiliki keinginan tertentu hingga memanfaatkan keadaan, dan kutipan nasehatnya bisa kalian baca di bawah ini: 

"Huss, nggak boleh dong muslimah punya sifat rendah diri, harus percaya diri karena kita hidup itu bukan untuk memuaskan dan menyenangkan orang lain, yang semangat dong, masih banyak yang sayang dan peduli sama kamu termasuk aku, walaupun kami jarang berkomunikasi. Memiliki teman sedikit juga nggak apa-apa yang penting kualitasnya bukan kuantitas, fokuslah dengan ibadah untuk mencari rezeki yang halal, jangan terlalu memikirkan orang yang membuatmu sakit hati"

Sahabat sesungguhnya adalah mereka yang mengingatkanku dalam kebaikan dan kembali ke sang ilahi, semoga ukhuwah kita tetap terjaga sampai  jannah-NYA. Aamiin Allahuma Aamiin.


(Dwi Rizky Amaliah)
#semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

6 Langkah Buat Kamu Yang Susah Tidur Di Malam Hari

Tidur malam adalah kebutuhan bagi badan untuk merehatkan seluruh organ tubuhnya setelah beraktivitas selama seharian penuh. Kebanyakan ...