Senin, 09 Oktober 2017

Nusaibah binti ka'ab

Perisai Rasulullah



Kebanyakan orang menganggap perempuan itu hanya manusia lemah dan rendah dari sisi laki-laki yang seharusnya berada di dalam rumah, bahkan tidak layak untuk melakukan ikut serta dengan laki-laki. Tapi kita sebagai muslimah harus tau kalau perempuan itu sangat di muliakan oleh Allah dan Rasul-NYA. Di zaman nabi, istri shabiyah mendapatkan kesempatan untuk menyetarakan dengan laki-laki mengembangkan wawasannya dalam berperang hingga turun di medan perang serta menimba ilmu dengan maksimal dan berperan  dalam berda’wah. 

Salah satu contoh perempuan yang kedudukannya di muliakan oleh Islam adalah Nusaibah binti Ka’ab ra, yang biasa di panggil Ummu Imarah. Ia adalah seorang sahabat perempuan yang mulia dan pemberani, selain itu beliau juga suka berjihad dan tidak takut mati di jalan Allah. Kisah tentang perjuangan dan keberaniannya telah di akui oleh Islam. Walaupun sibuk dengan da’wah dan jihad, Ummi Imarah juga menjadi ibu dan istri teladan sepanjang zaman. Ia memiliki dua anak ksatria dan penyejuk hati yang ikut serta dalam perang uhud bernama Abdullah dan Hubaib dari suami pertamanya yang bernama Zaid bin ‘Ashim, setelah suami pertamanya meninggal Ummu Imarah menjadi janda dan menikah kembali dengan Ghaziyah bin Amru, dengan pernikahannya yang penuh barokah, Allah mengaruniai seorang putri yang bernama Khaulah

Ummu Imarah juga di sebut sebagai perisai Rasulullah sallallahu ‘alaihi wassalam, karena beliau selalu berada di sisi Rasul ketika berperang melawan kaum Yahudi. Saat itu ketika kaum muslimin mengalami kekalahan, Ummu Imarah lah yang melindungi Rasulullah menggunakan pedang dan anak panahnya untuk mengarah kan ke arah lawan walaupun beliau mengalami luka parah. Meskipun seorang perempuan, tetapi Ummu Imarah tidak pernah gentar dan lemah, Ia tetap bertahan di medan perang untuk melindungi utusan Allah subhanallahu wa ta’ala yang sangat di cintainya, Rasululah sallallahu ‘alaihi wassalam dan menjadi salah satu perisai-NYA.

Walaupun kita perempuan, tapi harus kuat dan tegas menjadi pembela Islam ketika kaum yahudi menyerang  kita. Berjihad lah di jalan Allah dan hijrahlah sesuai dengan ajaran agama Islam. Seperti Ummu Imarah, perempuan sholehah yang memiliki kedudukan mulia dan tidak memiliki rasa takut kecuali dengan maha pencipta dan Rasulnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

6 Langkah Buat Kamu Yang Susah Tidur Di Malam Hari

Tidur malam adalah kebutuhan bagi badan untuk merehatkan seluruh organ tubuhnya setelah beraktivitas selama seharian penuh. Kebanyakan ...