Sabtu, 21 Oktober 2017

Menjaga Hati

Siapa yang pernah menyangka persahaban itu bisa bertahan lama, hargailah sahabatmu apapun itu, mencari sahabat yang benar-benar sehati itu tidaklah mudah semudah membalikkan telapak tangan, langsung klop seperti besi dan magnet, tidak langsung bersatu seperti kura-kura dan rumahnya, semuanya butuh peroses dan perjuangan. Begitu juga dengan menjaga hati orang lain itu tidak mudah, walaupun sudah kenal lama, belum tentu kita tau semua apa yang ada di hatinya, hati dengan ekspresi wajah itu tidak selalu sama, ada yang tersenyum bahkan tertawa tapi hatinya sedih hingga menangis, ada yang menagis karena bahagia, dan lain-lain.

Jangan pernah mempresepsikan satu arti dalam pandangan yang kita lihat, lihatlah dari sisi lainnya juga, dan jangan terlalu mudah terpengaruh oleh penampilan luarnya saja. Seperti kata penulis yang sudah menghasilkan banyak buku yaitu bapak M. Husnaini, beliau mengatakan "Setiap orang itu memiliki pandangan berbeda-beda, misalnya kita melihat batu yang terikat oleh besi dan berbentuk bersujud, ketika beliau bertanya kepada peserta jawabannya beragam, ada yang menjawab patung itu sedang bersujud, ada lagi menandakan kesopanan, batu yang terikat oleh besi sehingga patung itu bersujud dan ingin bebas dari ikatannya dan lain sebainya."

Hal itu juga sama dengan kehidupan kita, walaupun kita dekat dengan orang lain maka jagalah hatinya juga tingkah laku kita, tidak semua orang bisa menerima perlakuan kita, ada yang merasa tersindir atau sakit hati ketika kita melakukan hal tersebut. Terkadang hal ini mengenai tingkah laku kesopanan, apapun derajatmu di dunia ini, bersikap baiklah dengan orang lain apalagi dengan sahabatmu sendiri, karena hidup ini kita sebagai manusia adalah memiliki jiwa sosial yang saling membutuhkan satu sama lain, seperti apa yang dikatakan oleh ustadzah yang mengajarkan kami mengaji di detiap minggu.




#edisi_galau
#kalau nggak ditulis nggak lega
#maaf buat kamu yang menjadi objek di tulisan ini
#just share
#share for fun



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

6 Langkah Buat Kamu Yang Susah Tidur Di Malam Hari

Tidur malam adalah kebutuhan bagi badan untuk merehatkan seluruh organ tubuhnya setelah beraktivitas selama seharian penuh. Kebanyakan ...