Jumat, 20 Oktober 2017

Kebiasaan Buruk

Terkadang kita tidak mengetahui kebiasaan buruk yang selalu kita lakukan setiap hari tanpa kita sadari, tapi kebiasaan ini bukan mengenai malas sholat, pelit, marah-marah dan sebagainya. Sore itu tepatnya hari ahad sore kami memiliki jadwal rutin yaitu liqo', yang terdiri dari beberapa kelompok dan setiap kelompoknya memiliki satu ustadzah yang kuliah di negri jiran ini, kegiatan ini bertempat di mushola dekat dengan tempat tinggal kami.

Sore itu aku mulai sadar tentang kebiasaan buruk yang tanpa kita sadari merugikan orang lain, ustadzah pun bertanya kepada kami hal kebiasaan buruk apa yang selalu kita lakukan, tapi jawaban dari kami semuanya kurang tepat, lalu ustadzah pun menjelaskannya.

Kebiasaan buruk yang sering kita lakukan tanpa kita sadari dan dapat merugikan orang lain juga yaitu:
1. Suka menyalahkan
>>> Karena hal ini akan membuat kita lari dari tanggung jawab hingga menyalahkan orang lain, lalu tempat hingga makanan dan lain-lain.
2. Suka mencari alasan
>>> Orang yang selalu mencari alasan itu komitmennya kurang kuat, tidak memiliki target dan hidupnya tidak terarah.
3. Suka mengeluh
>>> Manusia itu di ciptakan penuh dengan keluh dan kesah, jadi setiap orang pasti memiliki masalah masing-masing, kita harus banyak bersyukur dan jangan terlalu sering update status untuk mengeluh di media sosial, karena hal itu tidak akan mengurangi masalahmu.
4. Suka menggosip
>>> Hal ini masih menjadi hal biasa apalagi pada kaum wanita, yang suka membicarakan orang lain hingga mencari kesalahan orang lain.

Itulah ringkasan dari saya sore itu, semoga bermanfaat.



Sumber: Ustadzah Vita


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

6 Langkah Buat Kamu Yang Susah Tidur Di Malam Hari

Tidur malam adalah kebutuhan bagi badan untuk merehatkan seluruh organ tubuhnya setelah beraktivitas selama seharian penuh. Kebanyakan ...