Kamis, 28 September 2017

FASTABIQUL KHOIROT




Menuntut Ilmu Bagi Wanita

Wajibkah perempuan menuntut ilmu?
Apakah perempuan harus dirumah sajakah? yang hanya mempunyai keahlian masak, beres-beres rumah, nyuci baju, dan lain-lain. Saya pernah mendengar ada yang pernah berkata demikian, "Buat apa perempuan berpendidikan tinggi?, toh nanti akhirnya akan duduk dirumah ngurusin suami dan anak serta berada di dapur". Saya nggak setuju dengan hal ini, bahkan Rasulullah SAW bersabda "Tholabul 'ilmi fariidhotun muslimin wa muslimah"(Menuntut ilmu itu wajib untuk laki-laki dan perempuan) saya sengaja menggaris bawahi "muslimah" kenapa? itulah bukti bahwa perempuan juga memiliki hak untuk menuntut ilmu.Kalian pasti pernah mendengar juga peribahasa menuntut ilmu "Carilah ilmu sampai ke negri cina".

Carilah kalian ilmu sebanyak-banyaknya tanpa memandang usia, tempat, serta orang yang menyampaikan. Dasarilah menuntut ilmu kita dengan niat dan juga senantiasa memperbaharuinya, Kenapa harus di awali dengan niat? Karena kalau suatu amalan tanpa niat itu maka amalan itu tidak akan menjadi apa-apa dan tidak akan berkembang. Ketika kita keluar rumah dan memiliki niat untuk menuntut ilmu maka setiap langkah kita  akan dihitung setiap langkahnya, kalau bukan sekarang kapan lagi kita bisa menuntut ilmu, karena "Alwaktu wal khoir". Waktu itu bagaikan pedang, waktu tidak akan kembali lagi jadi produktif jika kita tidak menyadarinya. 

Kalian semua pasti memiliki kerabat karib kan, nah jangan lupa juga dengan temen-temen di sekeliling kita untuk saling mengingatkan satu sama lain, supaya ilmu kita lebih bermanfaat, berlomba-lombalah dalam kebaikan "Fastabiqul khoirot". Contohnya, Ketika kita ingin menghadiri pengajian rutinan, ajaklah teman kalian untuk berjalan dijalan yang sama, mencari ilmu itu nggak hanya berada dikelas yang formal, mencari ilmu juga bisa berupa pengajian salah satunya, selain kita mencari ilmu tentang jasmani dan sebagainya, ilmu kerohanian kita juga penting supaya hidup kita bisa seimbang. 

Pada kenyataannya remaja zaman sekarang itu lebih susah di ajak ke tempat yang penuh ilmu seperti pengajian, seminar dan lain-lain, di bandingkan ketika kita mengajak jalan-jalan atau shopping pasti responnya lebih cepat daripada kita mengajak untuk menghadiri pengajian dengan jawaban penuh dengan alasan-alasan tertentu. Walaupun kita mendapati banyak beberapa penolakan kita harus mengajaknya lagi...lagi...dan lagi, kita sebagai manusia hanya bisa berikhtiar dan selanjutnya serahkanlah pada yang maha kuasa yaitu Allah SWT untuk meberikan hidayah kepada teman kita tadi. 

 Oh iya kembali lagi pada inti, kenapa perempuan harus menuntut ilmu? setelah kita menikah nanti kita akan menjadi seorang ibu bagi anak-anak kita. Peran seorang ibu adalah sebagai tiang rumah tangga, ada pepatah yang mengatakan "Ibu adalah madrasah yang paling dasar untuk anak-anaknya". Kebanyakan anak kecil yang lagi suka-sukanya berbicara mereka akan menanyakan sesuatu yang baru dikenalinya, kita nggak mau kan ketika anak kita bertanya tapi kita hanya menjawab "nggak tau" atau ketika anak kita ingin belajar membaca Al-Qur'an, tapi kita aja nggak bisa baca apalagi mau ngajarin anak kita "Na'udzubillahi min zalik". Itulah pentingnya perempuan dalam menuntut ilmu.

Jangan pernah bosan dalam menuntut ilmu, tuntutlah ilmu sampai akhir hayat : )


#ODOP
#sama-sama belajar dalam kebaikan

                                                                                                                                                                                      Kutipan dari pengajian bulanan minggu kemarin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

6 Langkah Buat Kamu Yang Susah Tidur Di Malam Hari

Tidur malam adalah kebutuhan bagi badan untuk merehatkan seluruh organ tubuhnya setelah beraktivitas selama seharian penuh. Kebanyakan ...