Minggu, 17 Desember 2017

Berbagi Rizki

Suasana sekolah yang ramai ketika jam istirahat, ada beberapa siswa yang bermain futsal, ada juga yang memanjakan perutnya di kantin sekolah.

Hilman adalah seorang guru muda berumur dua puluh lima tahun, dia mengajar bahasa Indonesia di salah satu sekolah dasar majalengka, saat jam istirahat Hilman menunggu seorang siswi kelas satu yang di nantinya.

Tiba-tiba Ridwan datang mengejutkan Hilman ketika sedang merenung,
“Dooooor… mikirin siapa hayooo,” candanya.

“Weh weh weh, kau ni ganggu banget yaa emang,"

“Hayu lah ke warung, makan”

“Enggak enggak duluan aja sana, kamu ini kan ganggu bae”

Saat Hilman masih duduk di kursinya, terpandang gadis kecil nan cantik. Yaitu Annisa siswi kelas satu yang telah ditunggu olehnya ,
“Kok pak Hilmi ngomong kau, katanya nggak boleh bilang kau, orang dewasa selalu seperti itu,” gumam anisa agak mengomel.

Hilmi dan ridwan mendengar guman siswi nya, lalu mereka diam kaku,
“Assalamualaikum nisa,” ucap hilmi membuka suasana.

“Wa’alaikumsalam, ada apa ya pak ilmi,” ujar nisa dengan lidah pelonya.

Hilmi mengode ridwan untuk meninggalkan mereka berdua di ruang guru. Ridwan pun mengerti dengan isyarat yang diberikan hilmi, diapun langsung berjalan keluar menuju bibir ruang guru.

“Nisa, bapak ada rezeki sedikit, nanti kasihkan ke ibu ya”

“Bukannya Nisa nggak mau nerima pak, ibu tidak mengizinkan uang dari pak ilmi yang nenberikannya setiap hari”

“Kok gitu nisa, udah nggak apa-apa nisa ambil dulu uangnya, salam buat ibu”

Nisa adalah salah satu anak yatim di sekolah dasar majalengka tempat hilmi mengajar. Hilmi setiap baru mendapatkan uang hasil dari mengajarnya, dia selalu membagikannya ke anak yatim termasuk nisa.

Prinsip hilmi adalah setiap uang yang didapat bukan seutuhnya milik beliau, karena setiap rizki yang di dapat adalah sebagiannya milik dari anak yatim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

6 Langkah Buat Kamu Yang Susah Tidur Di Malam Hari

Tidur malam adalah kebutuhan bagi badan untuk merehatkan seluruh organ tubuhnya setelah beraktivitas selama seharian penuh. Kebanyakan ...